Mei 23, 2008

Jenis - jenis virus

Memang kalau dilihat nama-nama virus itu cukup banyak, tetapi pada dasarnya virus komputer dibagi dengan kategori sebagai berikut :
1. Virus FileVirus File : melakukan penularan dan seringkali menambahkan perintah-perintah tertentu pada kode program yang ditularinya. Virus ini melakukan eksekusi untuk menyebarkan dirinya pada aplikasi dan dokumen yang terkait dengannya saat file yang terinfeksi dibuka atau dijalankan. Sasaran virus ini adalah file-file executable yang namanya berakhiran dengan ekstensi .COM atau .EXE.
2. Virus Boot SectorVirus : boot sector menginfeksi boot-sector–sebuah area pada hard drive (atau jenis disk lainnya) yang akan diakses pertama kali saat PC dinyalakan. Virus jenis ini dapat menghalangi PC Kita untuk melakukan booting dari hard disk.
3. Virus Partisi : Virus ini merupakan pengembangan dari virus boot sector yang berkembang menjadi tipe yang lebih ganas. Virus ini menyerang tabel partisi yaitu bagian pada hard disk yang menyimpan data-data CHS (cylinder/head/sector) yang menjadi pedoman bagi sistem operasi untuk melakukan proses pembacaan. Sekali bagian ini dihancur-leburkan oleh virus, maka tentunya hard disk tidak lagi dapat dibaca dan seluruh data didalamnya pun melayang
4. Virus MakroVirus : ini menyerang program berbasis Windows. Fasilitas macro berguna untuk memudahkan pengguna dalam melakukan langkah-langkah yang berurutan dan berulang-ulang. Rangkaian perintah tersebut akan dijalankan sekaligus oleh perangkat lunak saat macro dijalankan yang akhirnya disalahgunakan oleh tangan-tangan jahil untuk membuat macro yang berisi perintah-perintah penularan dan bahkan perusakan.
5. Virus PolymorphicVirus : ini dibuat untuk mengecoh program antivirus, artinya virus ini selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu merubah rubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file/program lain.
6. Virus Stealth : Virus ini akan menguasai tabel interrupt pada DOS yang sering kita kenal dengan "Interrupt interceptor". Menyembunyikan dirinya dengan membuat file yang terinfeksi tampak tidak terinfeksi, tetapi virus jenis ini jarang mampu menghadapi scanner antivirus terbaru.

4 komentar:

Noor Rabiah Dallek mengatakan...

ternyata ada banyak macam virus yach.....
selama ini yang saya tahu hanya virus yang menyerang file dan folder saja
tapi dengan adanya artikel ini saya jadi semakin tahu jenis jenis virus
kalo bisa sekalian cara penanggulangan nya donkz....
hehehehehehe........

CynthiaBBThemes mengatakan...

boleh juga neh artikel virusnya...
harus waspada neh buat uprade terus anti virus..kan berbahaya loh

Nuansa Hijau mengatakan...

ternyata banyak banget ya virus-virus yang ada dicomputer....waw takut!!!!

Regina mengatakan...

Jadi kamu udah pernah kena virus apa aja ni?